08 August 2012

Persiapan PPSMB 2012


PPSMB 2012 tinggal menghitung hari , yap H-23 tepatnya tanggal 30 Agustus 2012 akan dilaksanakannya Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas. Lapangan Graha Sabha Permanalah yang akan menjadi saksi sejarah buat para mahasiswa baru angkatan 2012. Yang lebih menarik lagi sekitar 11.000 mahasiswa baru akan berkumpul di lapangan Grha Sabha Pramana. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi 6 klaster dan masing-masing akan menarikan sebuah tarian daerah. Setiap tarian akan dilakukan sembari membentuk pulau-pulau di Indonesia yang sesuai dengan tarian tersebut. 6 pulau tersebut adalah Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, dan gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Museum Rekor Indonesia (MURI)   akan ikut mencatat momen tarian daerah dengan peserta terbanyak ini. Semoga sukses acaranya :-) amien.

Acara Parade Pelangi Nusantara ini akan dilaksanakan pukul 16.00 WIB, sebelum acara penutupan PPSMB Universitas. Karena jurusanku Sains Informasi Geografis dan Pembangunan Wilayah termasuk di Fakultas Geogafi so saya masuk di Klaster SAINS dan akan membentuk Pulau Sumatera dengan Tarian Rantak Minang. Klaster SAINS itu terdiri dari Fakultas Biologi, Geografi dan MIPA. Untuk tarian Rantak Minang ini atribut yang harus dipersiapkan adalah Topi Minang.

Yang tak kalah mengasikannya lagi persipan pra ospek, desas desusnya para maba harus menghafalkan lagu untuk dinyanyikan bersama waktu ospek dan lagunya pun lumayan banyak 6 lagu plus 1 lagu mars fakultas. Diantaranya:

1. Hymne gadjah mada
2. Darah juang
3. Mars ppsmb ugm
4. Derap dan melaju
5. Totalitas perjuangan
6. Buruh tani
7. Mars Geografi

Yang wajib hafalsebenarnya hanya 2, Hymne Gadjah Mada sama Mars Geografi tetapi yang lainnya harus tetap di hafalkan. Siaga satu lah.

Selain lagu, kita juga harus mempersiapkan atribut dan pakaian, inilah yang harus saya persiapkan (khusus F.Geografi):

Atribut dan pakaian dengan ketentuan :
  1. a.1. Putra
  • Kemeja panjang putih polos
  • Celana panjang hitam (bahan dari kain/bukan jeans)
  • Dasi panjang warna hitam
  • Ikat pinggang hitam
  • Sepatu dominan hitam
a.2. Putri :
  • Kemeja panjang putih polos dan tidak ketat.
  • Rok panjang hitam (bahan dari kain/bukan jeans)
  • Dasi panjang warna hitam
  • Jilbab putih polos/tidak bermotif
  • Sepatu dominan hitam
2. Memakai jas almamater
3. Memakai atribut dan kelengkapan yang telah ditentukan oleh panitia PPSMB Geospace 2012

Sumber : Kompilasi Hukum PPSMB Geospace 2012

Kalau di fakultasku ada hal penting lagi yang harus di persiapan karena nanti akan diadakan tes wawasan pada tanggal 29 Agustus 2012 pukul 08.00 WIB di Fakultas Geografi. Buku panduan yang di sediakan dan harus di baca pun lumayan, di antaranya:

1.Buku Panduan Perpustakaan.pdf
2.Buku Saku Kemahasiswaan.pdf
3.Buku Saku Kode Edit.pdf
4.Buku Saku Orangtua.pdf
5.Buku Saku Pedoman EFC.pdf
6.Buku Sukses Belajar Di Geografi.pdf

Semua buku panduan itu bisa di download di  http://geo.ugm.ac.id/fasilitas/downloads-2/
 

*TETAP SEMANGAT*

*SELAMAT BELAJAR*

*SUKSES*

No comments:

Post a Comment